Aplikasi Sapawarga

Aplikasi layanan publik digital di Jawa Barat yang terintegrasi. Berikan kemudahan akses layanan, informasi, dan aspirasi publik di mana saja dan kapan saja.

Satu Aplikasi Untuk Beragam Kebutuhan Warga Jawa Barat

Jadi #LebihPraktis, urus layanan publik, tinggal klik.

Aplikasi sapawarga menu layanan publik

Serba Terkoneksi Serba Terdigitalisasi

Keinginan bertransformasi menjadi provinsi digital mendorong Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berkomitmen melalui sebuah inisiatif berupa aplikasi layanan publik, Sapawarga. Bukan hanya Ketua RW, kini, aplikasi Sapawarga siap diakses buat publik. Warga dapat mengakses layanan publik digital, informasi umum hingga informasi Covid-19, dan serta berpartisipasi aktif dalam menyampaikan aspirasi secara mudah dan efisien melalui satu aplikasi.

Laki-laki berbaju biru memegang handphone membuka aplikasi sapawarga

Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan

Layanan Publik Digital

Satu pintu layanan publik yang ramah pengguna

Lowongan Pekerjaan

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB)

Pengaduan Data Kependudukan

Layanan Perizinan

Informasi Jawa Barat

Berbagai informasi dan berita aktual terkini seputar Jawa barat.

Nomor Darurat

Kegiatan Pemeliharaan Jalan

Open Data Jabar

Dashboard Jabar

Kanal Aspirasi Warga

Sampaikan aspirasi dan jadi bagian dari perubahan Jawa Barat

Kegiatan RW

Aduan Warga

Aduan Perundungan Siswa

Hotline Jabar

Tiket Tempat/Acara publik

Akses tiket masuk tempat/acara publik di Jawa Barat secara praktis

Galeri Rasulullah MRAJ

Tahura Ir. H Djuanda

Gedung Pakuan

West Java Festival

Sambara

Komitmen Pemprov bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Jabar.

Cek Pajak Kendaraan

Bayar Pajak Kendaraan

Lepas Kepemilikan

Reservasi Pajak 5 Tahunan

Satu Solusi, Satu Aplikasi

Semua terhubung jadi satu

Akses berbagai layanan publik di Jawa Barat dalam satu aplikasi

Lebih sederhana, lebih praktis

Sistem terintegrasi yang ramah pengguna bikin mudah urus berbagai kebutuhan

Sumber informasi andalan

Sajikan informasi lengkap dan terpercaya di Jawa Barat

Suara wargi adalah prioritas kami

Terdepan dalam menyediakan layanan aspirasi yang responsif

Aplikasi sapawarga menu layanan publik

Topik Seputar Sapawarga

Temukan informasi lengkap terkait berbagai layanan publik yang ada di aplikasi Sapawarga.

Apa saja layanan yang tersedia di aplikasi Sapawarga?

Saat ini, ada 16 layanan publik yang tersedia:

  • Layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Sambara)
  • Layanan pemesanan tiket wisata/wahana publik
  • Layanan aduan warga
  • Layanan pencarian lowongan kerja (Si Juara)
  • Layanan pendaftaran pendidikan (JFLS, PPDB)
  • Layanan perizinan (Mall Pelayanan Publik)
  • Layanan pengaduan data kependudukan (Sidatuk)
  • Layanan satu data keluarga (Sadarka)
  • Informasi nomor kegawatdaruratan
  • Informasi kegiatan RW
  • Inventarisasi rumah belum berlistrik (Simojang)
  • Informasi berita terbaru Jabar (Jabar Hari Ini)
  • Informasi kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan (Temanjabar)
  • Informasi layanan laboratorium (Silabus)
  • Open Data Jabar
  • Dashboard Jabar

Apa itu Sambara?

Sambara–Samsat Mobile Jawa Barat merupakan aplikasi mobile yang dilayani oleh Bappenda. Anda kini dapat menikmati kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui satu aplikasi di Sapawarga. Melalui Sambara, Anda dapat menikmati beragam kemudahan seperti:

  • Membayar pajak kendaraan bermotor diri sendiri
  • Membayar pajak kendaraan bermotor lainnya
  • Memblokir kendaraan yang sudah terjual atau hilang menggunakan fitur Lepas Kepemilikan
  • Melakukan reservasi pembayaran pajak 5 tahunan di Samsat Digital Leuwipanjang

Saya sudah bayar pajak kendaraan di Sapawarga, selanjutnya apa yang harus saya lakukan?

Setelah Wargi membayar pajak tahunan kendaraan bermotor melalui Sapawarga, langkah selanjutnya adalah mengurus pengesahan STNK. STNK yang telah disahkan merupakan bukti resmi bahwa kendaraan Anda telah terdaftar dan diverifikasi oleh otoritas yang berwenang. Jika pengesahan STNK tidak segera diurus, Wargi bisa dikenakan sanksi atau denda oleh pihak berwenang karena menggunakan kendaraan tanpa bukti resmi.

    Pembayaran saya sudah berhasil, tetapi status di aplikasi masih menunjukkan menunggu proses/gagal?

    Jangan kuatir, Anda dapat menunggu proses pembayaran. Jika waktu menunggu proses pembayaran habis namun status di aplikasi masih belum berubah, maka Anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran pada aplikasi, selanjutnya tim Hotline kami akan membantu

      Kapan jam operasional layanan aduan terkait pajak kendaraan bermotor?

      Sebagai informasi, layanan aduan terkait pajak kendaraan bermotor dapat dihubungi pada hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Silakan hubungi kami kembali pada jam operasional tersebut untuk bantuan lebih lanjut terkait kendala yang Anda alami.

        Jika pembayaran sudah berhasil dan e-SKKP sudah terbit, apakah masih perlu pengesahan STNK secara offline di Samsat terdekat?

        Saat ini, STNK masih perlu dicap untuk pengesahan di Samsat terdekat. Namun, ke depannya, fitur e-sah akan segera dirilis, sehingga warga tidak perlu lagi melakukan pengesahan secara offline di kantor Samsat.

          Apa itu Pemesanan Tiket Area Publik?

          Fitur Ticketing Sapawarga merupakan salah satu fitur unggulan dari Aplikasi Sapawarga Jabar Super Apps. Pengguna dapat melakukan pembelian tiket area publik pada aplikasi tanpa harus mengantri di lokasi.

            Saya ingin memesan tiket Galeri Rasulullah, tetapi saya bukan warga Jawa Barat. Apa yang harus saya lakukan?

            Halo! Saat ini, aplikasi Sapawarga sudah bisa diakses oleh pengguna diluar Jawa Barat. Anda bisa melakukan login atau mendaftarkan akun Sapawarga lalu lakukan pemesanan melalui menu Masjid Raya Al Jabbar.

              Berapa harga tiket masuk ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura)?

              Halo, harga tiket masuk Tahura adalah Rp 17.000, dan tiket ini sudah termasuk akses ke Tebing Keraton. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya kendaraan.

                Apakah ada potongan harga untuk rombongan masuk ke Tahura?

                Tahura menyediakan harga tiket khusus untuk rombongan dan pelajar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ketentuan dan persyaratan, silakan hubungi Customer Service Tahura

                  Bagaimana sistem kedatangan di Gedung Pakuan?

                  Sistem kedatangan di Gedung Pakuan dibagi menjadi dua sesi utama:

                  • Sesi Pagi: 09.00-12.00 WIB, dengan 4 sesi dalam periode ini.
                  • Sesi Siang: 13.00-15.00 WIB, dengan 4 sesi dalam periode ini.
                  • Setiap sesi akan berlangsung selama 30 menit, di mana pengunjung dapat berkeliling dan mengenal Gedung Pakuan. Kami menyarankan pengunjung untuk tiba 30 menit sebelum sesi dimulai.

                  Apa itu Kegiatan RW?

                  Kegiatan RW adalah fitur di aplikasi Sapawarga yang diperuntukan bagi Kepala RW se-Jawa Barat untuk membagikan dokumentasi foto dan video kegiatan warga sekitar. Untuk dapat masuk ke fitur Kegiatan RW, Warga dapat menekan tombol Kegiatan RW di halaman beranda.  Selain membagikan dokumentasi dan video, Kepala RW juga bisa melakukan:

                  1. Memberikan Like, Komentar, Bagikan, dan Profil pada postingan RW lain
                  2. Upload Kegiatan harian
                  3. Laporkan Kegiatan dan Profile dari postingan yang kurang pantas

                  Bagaimana cara saya mengklaim akun RW?

                  Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengklaim akun RW, Anda dapat mempelajari Manual Book RW melalui tautan berikut: Manual Book RW. Informasi lebih lanjut mengenai penggunaan Aplikasi Sapawarga dapat ditemukan di Manual Book RW tersebut.

                    Apa tujuan dibuatnya fitur Aduan Warga?

                    • Menyediakan wadah bagi masyarakat Jawa Barat untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan masukan, keluhan, atau saran terkait pelayanan publik
                    • Mempercepat waktu tanggapan atau respon dari pemerintah terhadap masukan, keluhan, atau aduan yang diterima dari masyarakat
                    • Menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan transparan dengan mempublikasikan informasi
                    • Menyediakan data dan masukan yang berharga bagi pemerintah untuk melakukan perbaikan berkelanjutan pada layanan publik dan inovasi

                    Bagaimana cara mengadukan aduan di Sapawarga?

                    Isi form mengenai detail aduan Anda, termasuk kategori masalah, lokasi dan informasi tambahan yang diperlukan—serta menyertakan foto pendukung—tekan tombol "Submit" untuk mengajukan aduan Anda. Setelah aduan dikirim, Anda akan menerima email yang mengonfirmasi bahwa aduan Anda telah diterima dan sedang diproses. Anda dapat memantau status aduan melalui aplikasi, di mana perkembangan atau tindak lanjut akan diperbarui secara berkala.

                      Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses aduan saya?

                      Waktu penyelesaian aduan warga dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas masalah, ketersediaan sumber daya, dan prosedur yang berlaku di instansi terkait. Beberapa aduan mungkin dapat diselesaikan dengan cepat, namun aduan yang lebih rumit mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk ditangani secara menyeluruh

                        Mengapa aduan saya belum ditindaklanjuti atau belum ada respons?

                        Aduan Anda saat ini sedang dalam proses penanganan oleh tim terkait. Mohon kesabaran Anda dalam menunggu, karena kami berkomitmen untuk menangani setiap aduan dengan tepat dan tuntas.